Pemanfaatan Page Break untuk Mengatur Halaman pada MS. Word
Mungkin
anda sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word untuk pengetikan dokumen Page
Break dan Section Break untuk mempermudah pengaturan dokumen Anda, Ya.
Tapi pernahkah Anda menggunakanya?
Jika belum pernah berikut sedikit
penjelasannya. Sebelumnya mari kita bahas satu persatu.
Page Break bisa diartikan mengakiri
halaman tertentu kemudian memulai halaman berikutnya tetapi masih dalam satu section
(ketika Anda memulai dokumen di Microsoft Word, seluruh dokumen terdiri
dari satu bagian yang disebut section). Sedangkan Section Break
dapat diartikan bahwa anda mengakhiri suatu bagian (section) kemudian
memulai section baru, dalam satu dokumen. Ini dilakukan karena anda
menginginkan format berbeda pada tiap bagian-nya.
Page
Break pada Ms.Word
Page Break untuk Meletakkan
Teks di Halaman Baru
Permasalahan yang sering terjadi saat
membuat dokumen adalah meletakkan suatu tulisan yang selalu berada di halaman
baru. Misal bab yang harus berada pada halaman baru. Fasilitas peletakan
halaman baru sudah disediakan oleh Ms Word, namun beberapa orang belum
mengetahui dan akhirnya memaksa meletakkannya dengan super enter (enter
berkali-kali) sampai tercipta halaman baru.
Fasilitas tersebut adalah Page Break.
Peletakan Page Break pada MS.Word berada pada menu Page Layout.
Pada MS Word 2010, terdapat cukup jelas
deskripsi dan animasi macam-macam page break. Kali ini saya hanya menjelaskan Page
dan Next Page. Page digunakan untuk membuat halaman baru tanpa
membuat section baru. Section merupakan partisi dalam suatu dokumen yang mana
bisa diterapkan format Page Numbering dan Page Layout yang berbeda, misal suatu
halaman dijadikan Landscape padahal yang lain portrait, misal juga penomoran
halaman ada yang romawi padahal yang lain angka biasa. Sedangkan Next Page
digunakan untuk membuat halaman baru dengan section yang baru pula. Next Page
bisa digunakan misal pada akhir daftar isi yang mana halaman berikutnya adalah
halaman isi, nantinya akan dibuat nomor halaman romawi dan angka biasa.
Pernahkah kamu menggunakan section break
untuk mengatur dokumen dalam Microsoft Word? Jika belum, coba gunakannya,
karena section break sangat membantu dalam mengatur layout atau format pada
section tertentu dalam dokumen yang sama.
Section break dapat digunakan untuk
mengatur hal-hal berikut ini:
1. Menggabungkan layout satu kolom dan dua
kolom pada halaman yang sama
Format Kolom – Section Break
2. Mengatur format header dan footer yang
berbeda.
Contoh: Pengaturan posisi nomor halaman pertama yang
berbeda pada setiap bab (different first page). Cara Membuat dan Mengatur
Posisi Nomor Halaman di Word 2007
Different first page – Section Break
3. Membuat format nomor halaman yang berbeda
dalam dokumen yang sama.
Misalnya: Daftar Isi menggunakan format angka romawi
(i, ii, iii, dst), sedangkan isi mengunakan angka arab (1,2, 3, dst).
Cara Membuat dan Mengatur Posisi Nomor
Halaman di Word 2007
Format Nomor Halaman Berbeda – Section Break
4. Membuat page border yang berbeda dalam
dokumen yang sama.
Page Border Berbeda – Section Break
5. Membuat orientasi kertas yang berbeda
dalam dokumen yang sama.
Seperti contoh di bawah ini, untuk dokumen yang
memiliki tabel yang lebar, orientasi kertas diubah ke Landscape.
Paper Orientation – Section Break
Macam-macam Section Break:
1. Next Page, section baru dimulai pada halaman
selanjutnya. Tipe ini biasa digunakan untuk memulai bab baru dalam sebuah
dokumen.
2. Continuous, section yang baru ada di halaman yang
sama. Biasanya digunakan untuk halaman yang memiliki jumlah kolom yang berbeda.
3. Even Page atau Odd Page, digunakan untuk memulai
section baru pada halaman bernomor genap/ganjil yang selanjutnya. Sesuai
digunakan bila ingin setiap bab baru dimulai pada halaman genap atau ganjil.
Cara Membuat Section Break di Word 2003:
1. Klik pada bagian dokumen yang ingin
diberi section baru.
2. Klik Insert dan pilih Break.
3. Dalam grup Section break type, pilih
jenis section break yang ingin digunakan.
4. Klik OK.
Cara Membuat Section Break di Word 2007:
1. Klik pada bagian dokumen yang ingin
diberi section baru.
2. Pada Page Layout tab, Page Setup, klik
Breaks.
3. Dalam grup Section Breaks, pilih jenis
section break yang ingin digunakan.
Cara
Menghapus Section Break:
1. Pilih Draft view (Word 2007) atau Normal
view (Word 2003) supaya bisa melihat garis section break.
2. Draft View – Section Break
3. Klik pada garis section break yang ingin
dihapus dan tekan tombol DELETE.
4. Catatan: format dokumen pada section yang
dihapus akan mengikuti format section berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar